News

IndonesiaBisa, Aplikasi yang Bisa Lacak Sebaran Risiko Virus Covid-19

April 3, 2020

Sebuah aplikasi bernama IndonesiaBisa memiliki fitur yang bisa memberikan informasi mengenai sebaran risiko COVID-19 pada area tertentu. Cara kerja aplikasi ini sama seperti aplikasi Waze dan Google Maps yang dapat memberikan informasi mengenai kepadatan lalu lintas. Seperti kedua aplikasi tersebut, semakin banyak pengguna aplikasi IndonesiaBisa maka semakin akurat informasi sebaran risiko COVID-19 yang dihasilkan.

Untuk dapat melihat informasi sebaran risiko pada area tertentu, pengguna diminta untuk terlebih dulu berbagi informasi mengenai kondisi kesehatannya melalui self-assessment, dan menghidupkan GPS. Berdasarkan pada informasi pada self-assessment aplikasi akan menghitung “tingkat risiko” dan menentukan warna yang bersesuaian (Hijau, Kuning, Merah). Selanjutnya pengguna akan dapat melihat sebaran risiko pengguna lain disekitarnya maupun pada area tertentu dalam bentuk titik-titik berwarna Hijau, Kuning, Merah di atas peta. Dengan adanya informasi ini diharapkan pengguna dapat berhati-hati atau bahkan menghindari area dimana terdapat banyak titik berwarna Merah. Khusus untuk perangkat yang dilengkapi dengan BLE (Bluetooth Low Energy) aplikasi ini juga menyediakan fitur tambahan untuk mendeteksi pengguna lain yang berada pada jarak tertentu disekitarnya.

Aplikasi akan menyimpan data pergerakan/lokasi dari setiap pengguna selama 14 hari terakhir dan daftar pengguna lain yang pernah berdekatan dalam periode tersebut. Berdasar data histori tersebut aplikasi akan memberikan peringatan apabila ternyata pengguna pernah berdekatan dengan pengguna lain yang memiliki tingkat risiko tinggi atau mengalami peningkatan risiko. Khusus bagi pihak berwenang disediakan akses khusus untuk melihat sebaran risiko COVID-19 dengan menggunakan Browser dan melakukan monitoring dengan cakupan area yang luas.

Di samping fitur utama, tersedia juga fitur Chatbot yang dapat menjawab berbagai pertanyaan seputar COVID-19 dalam Bahasa Indonesia. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan pihak berwenang untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat baik dalam bentuk Live Streaming, Video, maupun berbagai bentuk media lain. Pihak berwenang juga dapat membuat Forum Diskusi sehingga pengguna dapat melakukan interaksi dengan pihak berwenang melalui Chat, VoIP, maupun Video Call. Penyampaian informasi yang valid dari pihak berwenang dan interaksi dua arah antara masyarakat dengan pihak berwenang merupakan faktor penting agar Bangsa Indonesia dapat menghadapi pandemi ini secara optimal.

Pengguna tidak perlu khawatir soal data pribadi, karena aplikasi ini tidak meminta dan tidak menyimpan nomor telpon, email, dan data pribadi apapun. Selain itu kerahasiaan komunikasi data juga terjamin karena aplikasi IndonesiaBisa menggunakan mekanisme end-to-end encryption seperti yang digunakan aplikasi WhatsApp.