News

Dukung Pengembangan SDM Unggul Indonesia, 12 Tokoh Dirikan RUMI

March 12, 2020

12 Tokoh dari berbagai latar belakang ilmu dan pengalaman mendirikan Rumah Mentor Indonesia (RUMI). Tujuan besar dari berdirinya RUMI adalah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam menghadapi revolusi industi 4.0.

Para tokoh yang berada di belakang RUMI adalah mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sarwono Kusumaatmadja, Presiden Komisaris BCA Djohan Emir Setijoso, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, mantan Komisaris Independen Bank Mandiri Gunarni Soeworo, mantan Direktur Hubungan Internasional Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh Nias Heru Prasetyo, Direktur Utama Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro, Direktur Utama dan Komisaris Utama Jeska Group John S. Karamoy, mantan Menteri Pertambangan dan Energi Kuntoro Mangkusubroto, mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Riyana Hardjapamekas, Direktur Layanan Strategis Mining Industry Indonesia (MIND ID) Ogi Prastomiyono dan Komisaris Utama Samudera Indonesia Shanti L. Poesposoetjipto.

Menurut Steering Committee RUMI Kuntoro Mangkusubroto, RUMI akan berfokus pada pengembangan SDM seperti yang diharapkan oleh Presiden Joko Widodo. Kuntoro menyebut RUMI akan memberikan bimbingan pada anak muda untuk menjadi pemimpin di masa depan.

“SDM menjadi salah satu fokus pengembangan pemerintah saat ini. Menyadari hal ini, RUMI hadir untuk memutus gap yang ada antara generasi. Kita ingin anak-anak muda bisa belajar secara personal dari para senior yang sudah ahli di bidangnya masing-masing,” kata Kuntoro dalam peluncuruan RUMI di Energy Building, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

“Kita harapkan anak muda bisa membantu dunia usaha untuk terus memiliki pemimpin sekaligus mendukung pemerintah dalam membangun negeri melalui pengembangan SDM yang dapat bersaing,” lanjutnya.

RUMI mengklaim sebagai lembaga independen untuk belajar dan memperluas jaringan. Karena itu, mereka menghadirkan program mentoring dengan 3 jenis yaitu one on one mentoring, group mentoring dan forum.

“Melalui kolaborasi aktif dengan berbagai pihak dan mentor, RUMI berharap mampu memberikan kontribusi nyata bagi negeri dalam mendukung pengembangan SDM unggul. RUMI berkomitmen untuk menjadi ekosistem pengembangan pemimpin yang mampu mempersiapkan talenta terbaik bangsa agar mampu menjadi roda penggerak kemajuan negeri,” tutupnya.

Bisma