News

BI, Outflow Mereda

March 31, 2020

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan perkembangan aliran modal portofolio untuk outflow mereda dan sekarang menunjukkan inflow.

“Berkaitan dengan aliran modal portofolio dapat kami update outflow mereda. Sekarang mulai ada inflow. Antara lain lelang SBN hari ini dari Menkeu (Sri Mulyani) dimenangkan 22,2 triliun. Dari target 15 triliun karena memang bid nya 35,15 triliun. Jadi minat investor untuk beli SBN masih relatif tinggi, sehingga Kementerian Keuangan menangkan lelang lebih tinggi dari yang ditargetkan,” ujarnya, Jakarta, Selasa (31/03/2020).

Perry menjelaskan bahwa hal ini menunjukan bahwa minat untuk investasi prtofilio di Indonesia masih relatif tinggi.

Akumulasinya YTD masih terjadi net outflow YTD itu dari portofolio investais baik saham maupun obligasi. Outflownya itu total 145,1 triliun, terdiri outflownya 131,1 triliun itu SBN dan saham itu sebesar 9,9 triliun.


Sebagian besar outflow terjadi periode corona itu 20 Januari – 30 Maret terjadi outflow totalnya 167,9 triliun. “Nah ini yang periode sebelumnya januari masih inflow, tapi ketika ada virus outflow yang besar. Di antaranya SBN outflow 153,4 triliun dan saham 13,4 triliun.”