News

Bersiap, Indonesia akan jadi Ketua ASEAN dan G-20 Tahun 2023

February 3, 2020

Indonesia memiliki hajatan besar dalam 3 tahun ke depan. Hingga tahun 2023 nanti, setidaknya ada 5 agenda besar yang akan melibatkan Indonesia sebagai tuan rumah.

Pada tahun 2020 saja, Indonesia terpilih sebagai Ketua Global Health and Foreign Policy, diikuti dengan gelaran Halal Summit 2020 yang akan digelar pada bula November mendatang dan terakhir adalah Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum. Setelah itu di tahun 2023, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN dan Ketua G-20 pada tahun 2023 mendatang.

Banyaknya agenda multilateral yang melibatkan Indonesia dalam 3 tahun ke depan menimbulkan harapan besar dari pemerintah dalam hal investasi serta pembangunan perekonomian. Karena itu, pemerintah berharap masyarakat bisa ikut menjaga stabilitas dan keamanan nasional untuk menyakinkan para investor untuk datang Indonesia.

“Pembangunan ekonomi dan kegiatan bisnis dapat dijalankan bila ada stabilitas dan perdamaian. Ini syarat utama dalam keberlangsungan kehidupan kita agar lebih baik,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.