News

Naik Pinisi, Jokowi Cek Kesiapan Wisata Bahari Labuan Bajo

January 20, 2020

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menaiki kapal pinisi Felicia Plataran untuk meninjau kesiapan wisata bahari di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Presiden Jokowi menaiki kapal pinisi dari dermaga hotel tempatnya menginap pada Minggu (19/1/2020) sore pukul 17.50 WITA. 

Bertepatan dengan waktu matahari terbenam, Presiden yang didampingi Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara berlayar kurang lebih selama 45 menit sebelum akhirnya kembali ke dermaga.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Presiden Jokowi menyatakan kekagumannya atas pesona keindahan Labuan Bajo. Jokowi menikmati pesona ‘sunset’ atau matahari terbenam di pantai Labuan Bajo dengan menaiki Kapal Pinisi Felicia Plataran.

“Tak salah kiranya Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas. Pesonanya sebagai kawasan wisata bahari sungguh lengkap, dari pantai berpasir putih, laut yang indah untuk berenang dan menyelam, sampai pemandangan di saat matahari terbenam ini,” tulis Jokowi dalam akun Instagramnya.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan pada Minggu sore Presiden  Jokowi ingin mencoba menaiki kapal pinisi. Presiden Jokowi, kata Heru, sudah mendengar informasi bahwa Labuan Bajo tidak hanya terkait dengan Taman Nasional Komodo.

“Presiden tidak hanya ingin menaiki kapal saja, tapi juga ingin melihat langsung kesiapan kapal-kapal tersebut menyambut wisatawan,” kata Heru dalam pernyataan tertulisnya.

Selain itu, Presiden Jokowi  juga melihat kesiapan para anak buah kapal (ABK), kebersihan di kapal, dan keramahan para ABK di kapal tersebut.

“Presiden juga menilai kesiapan faktor keamanan dan keselamatan, seperti ketersediaan pelampung, radio komunikasi di kapal, dan peralatan lainnya,” ucap Heru.

Selain itu, Presiden juga melihat spot-spot di kapal yang menarik untuk diabadikan oleh wisatawan dengan latar belakang laut dan kepulauan di Labuan Bajo.

“Sekarang kan zamannya harus instragamable, jadi Presiden juga mencoba spot-spot itu,” lata Heru.

Dalam kunjungan kerja ke Labuan Bajo tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Presiden dan Ibu Iriana akan melakukan sejumlah agenda kerja di NTT hingga Selasa (21/1/2020).

“Besok [hari ini, red] Presiden akan meninjau proyek pembangunan terminal multipurpose Labuan Bajo dan meninjau kawasan Puncak Waringin. Selain itu, Presiden juga akan meresmikan sarana pendukung pariwisata, yaitu sebuah hotel milik BUMN,” papar Heru.

Lebih lanjut, Heru juga mengatakan kunjungan kerja kali ini juga akan dimanfaatkan Presiden untuk meninjau infrastruktur pendukung pariwisata di Labuan Bajo.

“Seperti kita ketahui, Labuan Bajo merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas tahun ini,” ucap Heru.

Pada Juli 2019, Presiden telah meninjau infrastruktur di Labuan Bajo. Dalam beberapa kesempatan Presiden memang selalu menegaskan jika dirinya akan selalu memantau langsung pembangunan suatu infrastruktur.

Sebelumnya, Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Minggu sekitar pukul 09.00 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Presiden dan rombongan tiba di Bandara Komodo, Kabupaten Manggarai Barat sekitar pukul 11.50 WITA.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi NTT antara lain, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara.