News

Mari Pangestu Punya Tugas Baru

January 10, 2020

Mari Pangestu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia oleh Presiden Bank Dunia David Malpass. Penunjukkan tersebut didasari atas dedikasi Mari yang berperan aktif dalam mencermati perkembangan pembangunan di Tanah Air.

” Kami sangat senang menyambut Mari di sini. Pengalamannya sangat diakui, sehingga kedepannya Mari akan sangat dibutuhkan dalam mendukung luas pertumbuhan dan pengurangan kemiskinan.” Kata Malpass.

Maru Pangestu sangat dianggap sebagai pakar internasional tentang berbagai masalah global. Dia saat ini adalah Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penelitian Kebijakan Makanan Internasional (IFPRI) di Washington D.C dan juga aktif sebagai penasihat Komisi Global Geopolitik Transformasi Energi Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) di Abu Dhabi. Catatannya tentang layanan dewan dan tugas meliputi Dewan Kepemimpinan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN), ketua bersama kelompok ahli untuk Panel Tingkat Tinggi untuk Ekonomi Kelautan Berkelanjutan, panel dari inisiatif kesehatan WHO, dan Equal Access Initiative, komisioner untuk Inisiatif Pembangunan Rendah Karbon Indonesia dan anggota dewan eksekutif dari Kamar Dagang Internasional (ICC).

Dalam peran barunya, Pangestu akan memberikan kepemimpinan dan mengawasi program kerja Kelompok Praktik Global Bank Dunia. Selain itu, ia juga akan mengawasi kelompok riset dan data Bank Dunia (DEC) dan fungsi Hubungan Eksternal dan Korporat.