News

Wishnutama: Lokal Konten Tetap Jadi Raja dalam Pembangunan Pariwisata dan Ekonomi Kreatid

November 7, 2019

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, menekankan pentingnya menjaga lokal konten dalam mengembangkan pariwisata di Indonesia. Menurutnya, ego sektoral harus mulai dihilangkan demi kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wishnutama mengatakan bila lokal konten akan tetap menjadi raja di Indonesia. Karenanya, komunikasi antar kementerian mulai dirinya lakukan sejak awal dilantik sebagai menteri. Bahkan dirinya menyebut bila sudah berkoordinasi dengan seluruh kementerian yang ada guna menjamin seluruh sektor yang menyangkut pariwisata dan ekonomi kreatif bisa berjalan beringan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Lokal konten akan selalu menjadi raja. Saya yakin yang suka Kpop banyak tapi yang suka dangdut lebih banyak. Ekosistem itu adalah hal penting bagi pariwisata dan ekonomi kreatif. Kita akan adakan training dan coaching utk meningkatkan pendapatan tiap daerah. Segala dimensi yang mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif sudah saya koordinasikan, ego sektoral harus kita lepaskan dari sekarang,” kata Wishnutama dalam sebuah diskusi di Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2019).

Wishnutama mencontohkan bagaimana lokal konten yang ingin dirinya aplikasikan dalam menarik wisatawan dan ekonomi kreatif. Salah satunya dengan pembangunan bandara yang merepresentasikan budaya asli Indonesia. Menurutnya, saat ini yang diinginkan wisatawan bukanlah bandara yang canggih, namun bandara yang memiliki keunikan dan menonjolkan kearifan lokal.

“Arsitektur bisa jadi penunjang ekonomi kreatif dan pariwisata. Seperti bandara, kita tidak usah yang terlalu modern tapi harus unik, rasa liburannya harus terasa. Ini peran arsitektur untuk merekomendasikan itu. Kearifan lokal dan kultur itu yang harus didorong. Orang luar liat airport canggih itu biasa tapi kalau lihat sesuatu yang unik pasti orang tertarik. Kalau kita buat yang canggih pasti kita terus dibandingkan. Kita harus buat kompetisi sendiri,” tegasnya.

“Jadi kita harus bangun ekosistem itu sehingga masyarkat yang dibangun tidak hanya jadi penonton saja. Setiap kita bangun infrastruktur, kita persiapkan juga masyarakatnya dan yang paling penting ekonomi kreatif. Sehingga destinasi wisata tidak hanya alam indah tapi bagaimana kita buat jauh lebih menarik itu usaha manusia. Bagaimana orang mau kembali lagi kesana, itu usaha kita mengemasnya dengan kreatifitas,” pungkas Wishnutama.