News

CORE, Lima Tahun ke Depan Indonesia Hadapi Banyak Tantangan

November 20, 2019

Jakarta – Founder Center of Reform on Economics Hendri Saparini memaparkan dalam kondisi ekonomi Indonesia pada lima tahun kedepan akan banyak mengahadapi tantangan yang cukup berat. Hal ini juga didukung dengan ketidak pastian ekonomi global saat ini.

Hendri menyarankan untuk mengahadapi tantangan tersebut pemerintah dapat mendorong 3 faktor ini yaitu konsumsi rumah tangga, ekspor, investasi, dan sumber daya manusia (SDM).

Pada konsumsi rumah tangga, Hendri meminta kepada pemerintah agar jangan terlalu fokus pada kebijakan fiskal. “Mendorong konsumsi Rumah Tangga. Jangan sampai kebijakan fiskal semakin destrukrif untuk menjaga konsumsi masyarakat,” ujarnya, Jakarta, Rabu (20/11).

Kemudian dalam mendorong ekspor, Hendri menjabarkan pemerintah dapat mencari komoditas baru dan konsumen baru. Namun hal tersebut juga harus didorong dengan mendatangkan investasi.

“Mendatangkan investasi yang cocok dengan negara kita, misalnya investasi menengah dengan tujuan ekspor. Kemudian kita juga bisa Mendorong sektor yang bisa mendorong banyak tenaga kerja.”