Jokowi Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 5,3% di 2020

August 16, 2019

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 akan berada di angka 5,3 persen. Menurut Jokowi, konsumsi dan investasi merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia.

“Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya,” kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan DPR/MPR, Jumat (16/8/2019).

Sementara untuk inflasi, Jokowi menargetkan akan ada di angka 3,1 persen. Untuk nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, Jokowi memprediksi pada tahun 2020 ada di angka Rp 14.400.

“Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi. Dengan demikian, suku bunga SPN 3 bulan diperkirakan berada di tingkat 5,4 persen,” tuturnya.

“Harga minyak mentah Indonesia (ICP) diperkirakan sekitar 65 dolar Amerika Serikat per barel. Dengan sensitivitas yang tinggi terhadap berbagai dinamika global, Pemerintah terus memantau pergerakan harga minyak dan komoditi global. Keempat, melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam, termasuk minyak dan gas bumi. Target lifting minyak dan gas bumi di tahun 2020 diasumsikan masing-masing sebesar 734 ribu barel dan 1,19 juta barel setara minyak per hari,” pungkas Jokowi.

(Bisma)

No Comments

    Leave a Reply