Tony Fernandes Ungkap Rahasia Membangun AirAsia Dalam Buku Flying High

August 1, 2019

JAKARTA — Co-Founder dan CEO AirAsia Group, Tony Fernandes, hari ini meluncurkan buku autobiografi “Flying High” dalam bahasa Indonesia yang menceritakan perjalanan hidupnya membangun AirAsia mulai dari nol hingga kini menjadi LCC terbaik di dunia.

Peluncuran buku ini diselenggarakan dalam rangkaian acara bertajuk “Dare to Dream with Tony Fernandes” yang melibatkan dua tokoh muda kreatif sebagai pembicara yaitu Co-founder dan CEO Kata.ai Irzan Raditya serta Founder dan CEO Qlue Rama Raditya, membahas entrepreneurship dan kepemimpinan serta kisah AirAsia sebagai maskapai pelopor digitalisasi di kawasan Asean. 

Dalam acara tersebut Tony Fernandes membeberkan kisah hidupnya dalam membangun AirAsia melalui berbagai inovasi untuk menekan biaya operasional sehingga masyarakat dapat selalu menikmati layanan transportasi udara dengan harga terjangkau.

Tony mengatakan, “Banyak sekali orang yang bertanya: ‘Kenapa tiket pesawat AirAsia murah?’. Jawabannya adalah, semua dimulai dari kerinduan seorang anak bernama Anthony Francis Fernandes yang ingin pulang ke kampung halaman untuk bertemu ibunya. Suatu saat anak kecil itu bermimpi ingin punya pesawat agar bisa bertemu dengan keluarganya tanpa harus membayar mahal. Mimpi itu akhirnya mulai diwujudkan saat dirinya bersama rekannya Kamarudin Meranun mengambil risiko besar dengan membeli AirAsia yang saat itu terjerat hutang seharga satu ringgit dan mengubahnya menjadi maskapai low-cost pertama di ASEAN.” 

“Namun mewujudkan mimpi itu ternyata tidak mudah, kami harus memutar otak, terus belajar, dan berinovasi. Dalam perjalanannya kami sadar kami tidak bisa bergerak sendiri, dan kami harus berpegang teguh pada prinsip low-cost operations dan menularkan prinsip itu kepada konsumen dan stakeholder di destinasi-destinasi yang kami terbangi. Dan semangat yang berawal dari mimpi itulah yang kini menempatkan kami sebagai maskapai low-cost terbaik dunia selama 11 tahun berturut-turut.”

Secara lengkap, rahasia membangun AirAsia serta berbagai kisah menarik terkait AirAsia diungkap pertama kali oleh Tony Fernandes di buku “Flying High”. 

Buku “Flying High” sudah tersedia di toko buku terdekat, dan toko buku online dengan harga Rp98.000.

Secara eksklusif, Presiden RI Joko Widodo juga memberikan testimoni yang tercantum di buku tersebut, di mana beliau memuji Tony Fernandes sebagai pribadi yang penuh optimisme, ketekunan, dan keuletan yang luar biasa.

Adapun acara peluncuran buku yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta tersebut dihadiri sekitar 550 tamu undangan dan publik dari berbagai kalangan. Sebelum acara, Tony Fernandes juga sempat menemui ratusan orang yang membeli bukunya di Toko Buku Kinokuniya di Plaza Senayan.

No Comments

    Leave a Reply