Weekly Brief

27 FK/FKG Akan Ikut Deklarasi Alumni FK/FKG se Nusantara

March 8, 2019

Jakarta, 08/03/2019 – Alumni Fakultas Kedokteran (FK)/ Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) menggelar Konfrensi Pers terkait rencana ‘Deklarasi Alumni Fakultas Kedokteran & Fakultas Kedokteran Gigi se-Nusantara’. Kegiatan tersebut juga termasuk sebagai gerakan penyuluhan serta pemerikasaan kesehatan di 1001 lokasi di Indonesia.

Ketua Deklarasi Alumni FK dan FKG, Edy Prasetyo menyampaikan bahwa kegiatan deklarasi tersebut bertujuan untuk ikut berperan aktif dalam memperjuangkan dan mensukseskan kesehatan pada kondisi Indonesia saat ini. “Kami yang hadir adalah para alumni dari 27 FK/FKG se-Nusantara. Kami berkumpul sebagai individu-individu yang menyatu dalam satu niat, SATU Tekad dan SATU Tujuan yaitu berperan aktif dalam perjuangan serta mensukseskan program kesehatan yang tengah dijalankan pemerintah saat ini,” ujarnya, pada Konfrensi Pers ‘Deklarasi Alumni FK/FKG se-Nusantara’, Dapoer Ciragil, Jakarta, Jumat (8/3).

Edy menambahkan bahwa peran para Alumni FK/FKG dalam membantu pemerintah di bidang kesehatan terlihat dari berbagai kegiatan mulai dari promotif, preventif, serta kuratif melalui kegiatan, penyuluhan maupun pemeriksaan kesehatan. Kemudian membantu masyarakat dalam mendaftarkan keikutsertaan mereka dalan program BPJS oleh para individual maupun kelompok-kelompok komunitas kesehatan yang bekerjasama dengan pemerintah pusat maupun daerah.

Sedangkan itu, Edy menjelaskan bahwa Salah satu keberhasilan pemerintah dalam bidang kesehatan yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia yang bergerak naik dari negara kategori medium high development menjadi negara dalam kategori high human development, dengan angka IPM naik dari 68,90 di tahun 2014 menjadi 70,18 tahun 2016.

“Kenaikan IPM tersebut tidak terlepas dari program pemerintah dalam meningkatkan cakupan Program Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk anak balita dan ibu hamil.”

Sementara itu, diberitahukan kegiatan Deklarasi Alumni FK&FKG akan diselenggarakan pada Minggu tanggal 10 Maret 2019, pukul 10.00 WIB, di Gedung Sekar Wijaya Kusuma, Jalam Raya Mabes Hankam No 45, Ceger, Cipayung, Jakarta Timut. Untuk tema yang diusung adalah #OptimisIndonesiaSehat, sebagai bentuk ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia agar hidup lebih sehat.