News Weekly Brief

Sarung Jadi Trend Fashion

February 28, 2019

Jakarta – Perkembangan dunia fashion di Indonesia dari tahun ke tahun selalu menunjukkan perkembangan. Apalagi saat ini banyak sekali desainer- desainer muda yang telah melalang buana ke pasar fashion luar negeri.

Tapi apakah kalian tahu? Fashion di Indonesia dapat terus menerus berkembang karena adanya sentuhan kebudayaan Tanah Air?

Ya memang salah satu ciri khas fashion di Indonesia adalah kebudayaannya, termasuk kain-kain khas negara Indonesia.

Salah satu kain khas tanah air ini, yang saat ini menjadi trend fashion adalah kain sarung. Mungkin beberapa orang berfikir kalau kain ini hanya digunakan untuk melaksanakan ibadah, tapi ternyata tidak.

Kain sarung saat ini menjadi salah satu trend fashion yang sedang berkembang di Tanah Air. Terbukti banyak sekali desainer kondang di Indonesia yang merancang karya busana mereka dengan dipadupadankan dengan kain tersebut.

Salah satu designer yang menggunakan kain sarung di karyanya adalah Philip Iswardono. Karyanya yang bertemakan ‘Ethnicode’ ini tampil di acara Jogja Fashion Week 2016, menampilkan sebuah busana elegan dengan menggunakan kain sarung yang menunjukkan ciri khas Indonesia.

Tidak hanya itu, anak-anak muda di Tanah Air juga banyak yang menciptakan fashionnya sendiri dengan menggunakan sarung. Apalagi Presiden RI Joko Widodo sempat menggunakan sarung saat kunjungannya di beberapa daerah di Tanah Air.

Hal ini menunjukkan bahwa kain sarung tidak akan pernah punah dan tertutup jaman. Sehingga dapat dinikmati dari berbagai golongan.