CEO Pegadaian Sharing Transformasi Era Digital di UNPAD

February 25, 2019

Bandung, 25 Februari 2019 – Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto memberikan kuliah umum dalam upaya menginspirasi mahasiswa Universitas Padjadjaran mengenai kepemimpinan dan melakukan transformasi digital di BUMN di tengah persaingan yang makin ketat. Selain itu, Pegadaian juga melakukan grab talent dan memberikan beasiswa bagi mahasiswa terbaik di Universitas Padjadjaran.

“Kuliah umum dan sharing pengalaman memimpin bagaimana melakukan transformasi di BUMN yang usianya sudah 117 tahun menjadi sangat strategis. Karena mahasiswa Universitas Padjadjaran merupakan generasi masa depan yang akan menghadapi era digital di tengah persiaingan global,” ungkap Kuswiyoto dalam kuliah umum yang bertema “Transformasi di Era Digital”, Senin (25/2), di Kampus Unpad, Bandung.

Pada April mendatang Pegadaian akan berusia 118 tahun, usia yang tidak muda lagi. Namun Pegadaian akan terus tetap muda dan semakin mudah diakses oleh masyarakat dimanapun berada, tambahnya. “Era digital ekonomi dan industri 4.0 tak bisa dicegah, tapi kita harus siap mengantisipasi dan menyiapkan sumber daya manusia agar mampu bersaing di pasar internasional.”

Saat ini Pegadaian terus berkomitmen melaksanakan transformasi digital di perusahaan milik negara. Transformasi digital yang terus dilakukan dari mulai proses bisnis, budaya kerja dan produk layanan berupa aplikasi yang dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore. “Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) ini makin memudahkan masyarakat dalam menikmati layanan Pegadaian. Makin cepat dan nyaman khususnya bagi generasi milenial,” tambahnya.

Kuswiyoto mengatakan dengan aplikasi ini generasi milenial dapat memperoleh informasi tentang produk dan layanan Pegadaian. Mereka juga dapat melakukan transaksi secara online, bahkan dapat mengembangkan bisnis dengan menjadi Agen Pegadaian.

“Di era digital ini, mahasiwa Univeristas Padjadjaran juga dapat merintis bisnis dengan menjadi mitra Pegadaian sebagai agen. Sebagai bukti memberikan sebuah solusi pada generasi muda ini yaitu, Pegadaian meluncurkan produk Gadai Prima di outlet konvensional dan Rahn Hasan di outlet syariah,” jelasnya.

Produk ini merupakan produk gadai tanpa bunga yang dapat membantu kalangan mahasiswa mengatasi masalah keuangan serta memberikan experience bagi mereka tentang produk dan layanan Pegadaian.

Pada kesempatan yang sama, Pegadaian juga memberikan beasiswa sebesar Rp120 juta berbentuk tabungan emas, untuk 10 mahasiswa yang berprestasi di Universitas Padjadjaran, Bandung. “Adanya beasiswa ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk lebih giat belajar,” ujar Kuswiyoto.

Kegiatan Kuliah Umum ini sudah dilakukan oleh PT Pegadaian (persero) ke berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia, untuk menjaring mahasiswa berprestasi dalam rangka grab talen. Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri dalam memberikan edukasi kepada siswa maupun mahasiswa. Direksi sejumlah BUMN secara kontinyu memberikan materi kepemimpinan dan pengalaman terkait peran BUMN dalam pembangunan ekonomi bangsa di berbagai perguruan tinggi. Di sisi lain juga memperkenalkan produk dan layanan BUMN yang bermanfaat bagi masyarakat.

No Comments

    Leave a Reply