Weekly Brief

Konsumen Indonesia Tetap Optimis di Akhir Tahun 2018

February 21, 2019

Jakarta – The Conference Board GlobalConsumer Confidence Survey in Collaboration with Nielsen di Kuartal IV tahun 2018 menunjukkan perkembangan yang signifikan. Terlihat dari indeks keyakinan konsumen Global yang meningkat satu poin ke 107.

Hal tersebut merupakan angaka tertinggi dalam 14 tahun. Sehingga Indonesia masih masuk dalam tiga negara yang paling optimistis di dunia, setelah India dan Filipina.

Dari data yang didapat, tingkat optimistis konsumen Indonesia dinilai stabil. Karena indeks keyakinan konsumen (IKK) di kuartal IV tahun 2018 sebesar 127, dibandingkan tahun sebelumnya 126.

Seperti yang diketahui IKK di Asia Pasifik naik 3 poin menjadi 117 dari negara-negara besar lainnya, seperti China, India, Indonesia, dan Jepang. IKK dibentuk oleh tiga yaitu optimisme mengenai prospek lapangan kerja lokal, keadaan keuangan pribadi, dan keinginan untuk berbelanja dalam 12 bulan ke depan.