Peran Lembaga Pendidikan dapat Wujudkan Cita-Cita Indonesia

February 4, 2019

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan dukungan sebuah lembaga pendidikan seperti universitas dan akademisi, dapat memberikan jalan agar dapat Indonesia menjadi lebih maju.

“Untuk menuju Indonesia yang sejahtera dan berkelanjutan diperlukan ketepatan dalam mengidentifikasi permasalahan dan tantangan, perumusan strategi kebijakan yang tepat, dan yang tidak kalah penting adalah komitmen dan kolaborasi dari semua pihak, tidak terkecuali dari universitas,” ujarnya di Universitas Indonesia (UI), Depok, Sabtu (2/2).

Di waktu yang sama, Bambang menjelaskan contoh tantangan deindustrialisasi, di mana kontribusi sektor manufaktur menurun dari waktu ke waktu, dan penyerapan tenaga kerja sektor manufaktur masih rendah. Sehingga ia meminta agar semua generasi muda untuk mendorong implementasi Industri 4.0 dengan merevitalisasi industri pengolahan agar adaptif terhadap perubahan teknologi.

“Dengan diimplementasikannya Industri 4.0., pertumbuhan PDB riil meningkat 1-2 persen dari baseline 2018-2030 per tahunnya, lapangan pekerjaan meningkat sekitar 10 juta dari kondisi saat ini pada 2030, serta kontribusi sektor manufaktur terhadap PDB menjadi 25 persen pada 2030.”

No Comments

    Leave a Reply