Business Economy Startups

Kopi Kenangan mendapatkan Rp121,6 M dari Alpha JWC Ventures

October 24, 2018

Alpha JWC Ventures menginvestasikan 121,6 milyar rupiah kepada Kopi Kenangan untuk kembangkan bisnis kopi di seluruh Indonesia. Bisnis kedai kopi berkonsep “grab and go” ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan telah memiliki 16 cabang di Jakarta. Dilansir dari Dailysocial, CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan dana investasi tersebut akan digunakan tidak hanya untuk memperluas usaha Kopi Kenangan sendiri, tetapi juga untuk mendistribusikan kegiatan penelitian dan pengembangan aplikasi.

Edward menganggap Kopi Kenangan bukan hanya sebagai sebuah usaha kecil, tetapi juga hal yang dapat bertumbuh menjadi bisnis yang lebih besar dengan konsep ritel baru melalui teknologi.

Sementara itu, Founder and Managing Partner dari Alpha JWC Ventures, Jefrey mengatakan bahwa Alpha JWC akan mendukung teknologi untuk pengembangan dan percepatan bisnis karena teknologi memiliki peran penting dalam membangun sektor konsumen yang berkelanjutan. Pada usaha kopi seperti Kopi Kenangan, teknologi dianggap perlu digunakan untuk mempercepat suatu layanan.

Sebagai informasi, Kopi Kenangan menargetkan perluasan cabang hingga 30 lokasi di 2018 dan 100 lokasi di 2019 ke seluruh Indonesia. Menurut Edward, rata-rata penjualan Kopi Kenangan mencapai 175 ribu gelas per bulan. Untuk mendukung pertumbuhan Kopi Kenangan melalui konsep Ritel Baru, akan dilakukan melalui pengembangan aplikasi seluler, sehingga dapat konsep “Grab and Go” dinikmati hanya dengan menyentuh layar smartphone saja. Beberapa fitur telah dibuat, seperti pencarian toko, pre-order, dukungan pembayaran, dan lainnya.